Suatu pagi yang indah, ketika gw membuka laptop untuk ngerjain makalah seminar, tetiba laptopnya gak bisa akses hardisk. hahaha. Memang sebelumnya laptop asus kesayangan gw yang udah berumur 4 tahun ini udah 3x bluescreen, yang terakhir bluescreen karena dijatuhin sama anak kucing gw yang lagi maen di sofa.

Ya udin, untungnya gw udah menangkap rencana Allah untuk menguji gw, jadi ketika bluesceen terakhir kali, sudah hamba download file word untuk skripsi dan makalah seminar, sedangkan file lain seperti foto, film, dokumen, dll, bahkan file daftar pustaka gw pun gak sempet diselamatin. filenya banyak dan bisa gw download lagi jadi pertimbangan kenapa gak gw backup. Cukup tulisan gw aja yang berharga, jangan sampe gw mikir dua kali untuk meraih kesarjanaan gw nanti. Wkwkwkw.

Segeralah gw pergi ke Asus Service Center di bogor, dekat dengan Jambu Dua Plaza di Bogor. Sebelum pergi ke sana, gw menghubungi boss besar dulu untuk laporan bahwa anak buahnya mengalami musibah dan butuh suntikan dana lebih dalam rangka mengatasi musibah tsb, dan Big Boss menyarankan untuk service di tukang komputer di mall mall (seperti di Jambu Dua) karena bisa ditunggu dan murah. Tapi barbie gak yakin dengan sparepartnya, khawatir gak ori dll jadi tetep ke Asus SC. Barbie juga sempet browsing kalau service laptop di Asus SC itu lama abis, sampe mingguan, minimal 2 minggu lah, lama, gak jelas, dll. Tapi gw nekad ajah, karena sebelumnya gw pernah service laptop urusan HD juga tapi di Asus SC bandung, laptopnya gw kirim dan pembayarannya transfer ke mbak CS baik hati di sana. Gak ada masalah, gimana kalau SC nya gw datengin langsung.

Capcus ke lokasi, ngantri dan giliran gw dateng juga. Gw menceritakan kronologi yang mengakibatkan laptop gw kena musibah dengan segala penyakitnya. Laptop gw selain gak bisa akses HD, USBnya ada yang lepas, DVDrom nya rusak gak bisa dibuka dan bodynya rada mangap dikit. Memang tahan banting laptop ini. Chargernya juga suka moody, kadang nyala kadang enggak, atau kalau ganti posisi charging langsung putus, jadi pengen diganti juga.

Kata babang CS nya, ada biaya service 150rb dan kalau ada sparepart diganti nanti bakal dihubungin via sms, kita bisa pilih mau lanjut (diganti) atau enggak. Dan jika dalam 5 hari gak ada kabar bisa hubungi nomor telepon Asus SC nya atau akses ke websitenya.

Wah, 5 hari minimal, oke lah. Liat nanti gimana.

Besoknya gw baru dapet sms kalau bener hardisk gw rusak dan harus diganti, tapi Asus gak jual hardisk jadi gw milih apa mau dipasang di Asusnya atau pasang di toko lain. Lalu DVDrom gw memang rusak, kalau mau diganti biayanya 1,125juta.

WOW.

Gw jawab kalau gw milih untuk beli hardisknya aja di luar dan tetep dipasang sama Asus SC, dan gw tanya apa kalau gak diganti DVDromnya, tetep bisa dipake laptopnya (selama hardisknya aja yang diganti)?

Kata babang SCnya iya gpp, DVDrom gak mempengaruhi kinerja sistem, karena itu cuma aksesoris aja. ya gw gak bisa burn CD atau muter DVD aja di situ. Gw diminta cari HD 500GB SLIM merek apa aja

Hari itu juga gw langsung cari hardisknya di Jambu Dua. Toko pertama jual Seagate 500Gb harga 700rban dan Toshiba 600rban, lalu gw pergi ke toko kedua, jual Seagate segitu juga, dan yang Toshiba murahan, 565rb. gw tanya, ini SLIM kan, dan mereka bilang, iya mbak. Gw bayar dan langsung ke Asus SC lagi. Gak lama babang SC nya konfirm via sms (gw nya udah di bogor kota lagi) kalau HD yang gw beli barusan itu salah, itu HD yang tebel. Gw telpon toko HD nya dari nota yang gw pegang tadi dan gw minta cariin yang SLIM. Mereka cuma ready yang seagate 250Gb dan yang Toshiba GAK ADA yang SLIM.

Gw ke Asus SC untuk ambil HD, terus muter untuk ke Jambu Dua dan minta duit gw dibalikin. Kelar urusan, gw laper, terus gw makan mie apolo sama teh panas anget, hahaha. Lanjut kelilingan dan ketemu dua toko yang ternyata gak jual HD internal dan nunjukkin gw toko mana yang jual. di Toko itu, gw minta HD internal 500gb yang Slim dan dikasih Seagate, berapaan mbak? 575rb.

Hohoho, alamak, dan toshiba yang tadi gw beli seharga 565rb, di sana 550rb. Setelah memastikan, membandingkan HD internal Seagate ini lebih tipis daripada yang Toshiba, gw langsung beli dan gak babibu langsung ke ASUS SC lagi, karena mereka tutup jam 16.45, sedangkan waktu itu jam 15.30 kayaknya.

Kasih HD internalnya ke mbak CS tanpa ngantri terus pulang. Besok paginya dapet sms deh kalau laptop kesayangan gw udah bisa diambil kyaaaa. Cepet banget, 2 hari beres urusan. Karena gw beli HD internalnya sendiri, maka biaya yang harus gw bayar 150rb aja, dan itu udah diinstalin win 10 pro (walau belum diaktifasi, tanpa office) dan setelan asusnya, jadi gw gak perlu donlot lagi untuk printilan software asus.

Laptop gw udah berumur jadi butuh tipe lama chargernya, yang besar, dan itu harganya sekitar 450rb, karena gw bokek, belum gw pesen, nanti aja pas kebanyakan duit sekalian benerin DVDromnya. The end, USB port yang rusak belum diganti, kayaknya gak ketulis di report untuk babang SC nya.

Leave a Reply

