Iyaaa~ Pengiriman cuma memakan waktu sehari doang dari Jakarta ke Bogor via JNE layanan OKE.

Seneng…

Begitu paketnya sampai, kondisi paketnya luar biasa. Luar biasa RAPI! Boxnya dibungkus pake bubble gak cuma satu lapis, tapi berlapis-lapis sampe empuk banget, dan itu full di solatip sama penjualnya dan harus gw cutter sisi bubblenya biar bisa dibuka. Luar biasa.

FYI, gw beli mesin jahit ini di Service Jaya Supply (ada website resmi, dan lapak online di mana-mana), agannya ramah banget, rekomended! Via WA fast respon dan dikasih banyak bonus serta gratis ongkir hihihi.

Oke, paketnya udah gw buka dan gw dapet bonus jarum berbagai jenis dan fungsi. Tapi mesin jahitnya sendiri cuma gw lihat aja, belum gw coba apalagi lepasin plastik dll. Gw sadar betul rumah gw sekarang ruangannya terbatas dan untuk menjahit itu butuh ruang khusus, atau pojok khusus yang rapi seperti di Blog Kak Miko,

sewing-room-4-e1436791160996
Ruang menjahit gini kan lucu ya.. Rapi dan nyaman untuk jahit. Sumber : sewmyplace

Lalu gw juga pemula, udah ada mesin jahitnya pun, gw belum punya benang sama sekali untuk jahit, kain apalagi. Penggaris, gunting khusus kain, sepul (dari mesin jahit dapet 3 biji), buku pola, dll. Banyak banget persiapan lain yang harus gw miliki sebelum bener-bener belajar jahit.

Layaknya sekolah aja, butuh seragam, sepatu, buku untuk belajar di kelas kan? Gw baru punya mesin jahit dan ruangan khusus pun gw gak ada. Jadi gw putuskan untuk simpen dulu mesin jahitnya nanti, sambil gw ngumpulin sedikit demi sedikit peralatan pendukung untuk jahit (gw juga lagi nyusun skripsi jadi fokus dulu ke sana. Kata Ibu, kalau sekali terjun ke menjahit bisa ketagihan!)

p_20161229_123304_p
Ini mesinnya~ dan sementara teronggok di pojok rumah dulu sampai datang waktu yang tepat. Sumber : Dokumentasi pribadi

Setelah mesin udah di tangan gw, sekarang waktunya nyicil embel-embel jahit-menjahit. Gw mau ngumpulin benang dulu, berbagai warna. Wkwkwk. Di Rumah Jahit Haifa, ada artikel tentang merk benang dan perbandingannya. Dari tulisan tersebut gw cari benang merk Astra aja.  Gw cari set benang yang lengkap warnanya biar sekalian gitu, tapi gak ada yang jual. Kalau adapun, perwarna aja misalnya satu geng warna merah, isi 6 benang, satu geng warna kuning, hijau, dst. Harganya juga lumayan, satu benang bisa 4000-6000/benangnya.

Beli online selisih harganya lumayan, belum termasuk ongkir. Rumah gw pun gak jauh banget dari pasar, jadi gw beli benangnya di pasar aja. di Bogor, ada namanya toko Mulia (kalau gak salah), tokonya sendiri gak ada nama tokonya dari luar, dan posisi tokonya pas banget di pinggi jalan merdeka (di deretan toko yang di sebrang toko terang). Gw sering banget lewat jalan itu dan penasaran itu toko apa, hehehe, ternyata toko benang.

Di dalam tokonya banyak banget resleting, benang, kancing, dll. Karena fokus utama gw untuk beli benang dulu, gw dikasih buku warna benang sama mbaknya.

p_20161227_154645_p_1p_20161227_154637_p_1p_20161227_154626_1_p_1

p_20161227_154616_1_p_1
Banyak banget kan warnanya? wkwkwkw Sumber : Dokumentasi pribadi

Selain banyak banget warnyanya, gak semua warna tersedia. Jadi gw beli berdasarkan barisan warna buku itu aja. Satu baris warna biru muda misalnya, benang biru muda yg mana aja yang ready, gitu. di toko mulia harga benang Astra 3000/benang. Lumayan hemat dibanding kalau beli online haahaha.

Lalu gw hunting ke Pasar Anyar bogor dan ada toko peralatan jahit namanya toko warna. di sana juga ada benang astra dan buku warnanya. di sana gw beli barisan warna pink, merah dan biru tua. Harganya juga sama. Tapi karena gw beli banyak (total 2 Lusin dari 3 baris warna benang yang tersedia), gw dapet korting 2 ribu wkwkwk.

p_20161227_225702_1_p
Ini semua benang yang gw beli di dua toko di bogor. Lucu-lucu dilihatnya, warnanya seakan sama tapi beda abis wwkwkwk. Oh harga minyak pelumas mesin jahitnya 5000/botol.

Oh iya, salah satu kelebihan benang astra adalah di tabung benangnya ada nomornya. Benang yang gw beli di toko Mulia ada nomornya tapi di toko warna, benangnya gak ada nomor sama sekali. Pas gw tanya ke mbak toko warna, dia bilang makin ke sini gak ada nomornya lagi benang astranya…

p_20161227_230023_1_p
Benang ini gw beli di Toko Warna dan gak ada nomornya lagi di tabung benangnya. Sumber : Dokumentasi Pribadi
p_20161227_230011_1_p
Sedangkan benang yang gw beli di toko mulia, ada keterangan nomornya.

Gw baru beli benang gini aja udah banyak banget dan ini belum seberapa wkwkwk. gw belum beli gunting kain, belum ada peg board (nanti mau bikin), penggaris, dll. Dan banyak banget istilah-istilah di dunia perjahitan yang belum gw ngerti.

Jadi sebelum menjahit beneran, banyak PR yang harus gw selesaikan seperti tugas akhir kuliah dan belanja alat-alat jahitan. Kalau amanah utama selesai, waktu tersedia, Insya Allah bisa mulai belajar jahit. huehehe.

Leave a Reply

